|
BERBAGI ILMU: PROSEDUR PERPANJANGAN SIM

Senin, 11 Maret 2013

PROSEDUR PERPANJANGAN SIM

Membuat sim jika melalui prosedur normal terbilang murah sekitar Rp 110.000 untuk jangka waktu 5 tahun. angka 110.000 itu adalah angka pembulatan, mungki bisa lebih murah dari itu. berdasarkan pengalaman pribadi untuk memperpanjang SIM total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 90.000 dengan rincian Rp 85.000 untuk biaya resmi perpanjangan SIM C, sedangkan untuk (SIM A Rp 120.000), dan Rp 25.000 untuk biaya kesehatan (penerbitan surat keterangan sehat dari dokter), biaya photo kopi ktp 1 lembar dan transportasi ke Polres tidak termasuk hitungan.


adapun syarat perpanjangan SIM harus melampirkan

    SIM Asli
    Photo kopi KTP
    Surat keterangan sehat dari dokter,

Setelah berkas disatukan dalam Map yang disediakan oleh polres, kita diminta kebagian arsip untuk mengambil arsip permohonan pembuatan sim, dan arsip sidik jari. serta keterangan keterangan lain yg pernah kita lengkapi pada saat awal pembuatan SIM. setelah berkas ketemu maka diserahkan ke kita dan berkas tersebut diserahkan ke loket pendaftaran perpanjangan, setelah itu tinggal nunggu panggilan utuk prosedur selanjutnya.

Prosedur selanjutnya kita diminta membayar ke Bank untuk biaya perpanjangan sebesar Rp 85.000. setelah itu kita dikasih resi pembayaran dan dipanggil ulang untuk melengkapi form pengajuan perpanjangan dan setelah terisi, berkas kita kembalikan ke loket pedaftaran.

Sekarang tinggal menunggu panggilan terakhir untuk pemotretan dan cetak kartu SIM baru. mudah bukan….

ingat jangan sekali kali memakai jasa pihak ketga alias Calo. Hanya membutuhkan waktu kurang lebihnya 3 jam dari pertama dateng sampai keluar SIM baru atau bisa lebih cepat dari itu. tergantung tim yang melyani proses perpanjangan SIM.

Sedangkan untuk untuk pembuatan baru, harus melengkapi dengan tes sidik jari dan tes ujian tulis serta praktek. Biaya pembuatan baru sebesar Rp 120.000 untuk SIM A dan Rp. 100.000 untuk SIM C. tempat ujian tulis dan praktek sudah disediakan dalam satu lokasi untuk memudahkan, untuk pembuatan baru waktunya bisa sampai seharian.

Agar anda tidak datang dengan percuma, maka cobalah datang lebih awal. dikarenakan banyaknya orang yang mengajukan SIM baru ataupun perpanjangan maka beberapa polres hanya menerima pendaftaran sampai dengan jam 11 siang.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar