|
BERBAGI ILMU: PROSEDUR PEMBUATAN SIM

Senin, 11 Maret 2013

PROSEDUR PEMBUATAN SIM

Cara Membuat SIM C dan SIM A Baru dengan Cepat Hanya 2 Jam Langsung Jadi: Surat Ijin Mengemudi [SIM] wajib dimiliki pengendara bermotor, dan salah satu syarat untuk menghindari ditilang Polisi. Syarat membuat sim baru [A/C] harus 17 tahun keatas, dan membuat SIM baru ataupun perpanjang dilakukan di Polres terdekat.

Berhubung SIM C saya hampir abis masa berlakunya, klo dah kadaluarsa sama aja bikin SIM baru. Kebetulan juga pengen sekalian membuat SIM A. Lalu bagaimanakah cara membuat SIM C dan SIM A baru dengan cepat sehari langsung jadi?

Berikut proses pembuatan SIM C+A secara cepat hanya 2 jam langsung jadi yang ane lakukan di Polres Kota Tangerang:

1. Foto Copy KTP
Syarat utama membuat SIM baru membawa foto copy KTP sebanyak 5 Lembar (10 lembar buat SIM C+A).

2. Uang Biaya Pembuatan SIM Baru
Selain Foto copy KTP, kamu mesti nyiapin uang buat biaya pembuatan SIM Baru (perpanjang juga), tergantung harga yang berlaku saat ini.

3. Memakai Baju Kemeja atau Kaos Berkerah
Kalo mau bikin SIM ke Polres, kamu juga diwajibkan memakai baju Kemeja atau kaos yang berkerah buat syarat saat foto pembuatan SIM.
 dan jangan lupa pake celana yah...wkwkwkwkwkwkw

4. Datang ke Polres Terdekat
Setelah 3 syarat diatas lengkap, kamu tinggal datang langsung ke Polres terdekat rumah kamu atau yang tercantum di alamat KTP kamu.

5. Bantuan Jasa Pembuatan SIM
Kalo udah nyampe di Polres, biasanya banyak yang nanya dan nawarin jasa pembuatan SIM baru atau pun perpanjang SIM [Calo]. Biar lebih cepet kamu pake jasa pembuatan SIM aja, atau kamu juga bisa minta bantuan kenalan Polisi. Karena kalo pake cara membuat SIM baru secara resmi butuh waktu lama dan belum tentu lulus.

6. Ujian Teori Pembuatan SIM
Setelah kamu make jasa pembuatan SIM dan membayar biaya SIM [tergantung negosiasi dan harga saat ini], kamu disuruh nunggu untuk Ujian Teori. Gak lama nanti akan dipanggil dan melakukan Ujian Teori deh [biasanya cuma buat formalitas doang, karena pasti LULUS].

7. Pemotretan Foto SIM
Setelah ujian teori selesai, kamu disuruh nunggu panggilan untuk foto SIM. Gak lama kok, nanti kamu bakal dipanggil. Kamu bisa dandan dulu dah, karna disedian sisir + kaca, dan buat yang make kaos disediain baju Kemeja juga.

8. SIM Baru Akhirnya Jadi
Setelah sesi pemotretan Foto SIM selesai, kamu disuruh nunggu lagi. Gak lama kamu bakal dipanggil buat ngambil SIM baru yang udah selesai [udah jadi]. Trus pulang deh. :)



Sekian Dulu dari Bagi Bagi Gratis Semoga bermanfaat

13 komentar:

  1. thanks infonya,, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Kalo saya membuat sim di polres yg berbeda dgn domisili saya gmn? Bisa ga? Soalnya saya ada yg tawarin itu tp msh ragu..takutnya sim yg dikeluarkan palsu

    BalasHapus
  3. saya siang ini baru ke samsat di kota saya yaitu pemalang-jateng...
    tes teorinya pakai sejenis animasi bergerak (kayak game nintendo wkwk ) kreatif juga pikir saya.. soalnya 30, kita hanya ditugaskan melihat dan mengamati animasi brgerak tsb (ada narasinya jg) lalu menjawab benar ato salah yg ada di gmbr tsb.
    Tp ternyata prkiraan saya mleset, gambar animasi trsebut sulit dimengerti, gambar lampu merah ini loh trnyata yg saya pkir mirip sate 3 tusuk warna warni hhha..
    Bikin mata lieeerrrr :v
    dari 30 soal minimal benar 25 !! oh mati saya cuma bner 21 hha..
    sialnya lagi satu soal waktunya cuma 10 detik !
    Ini kita bayar buat "beli" sim duitnya dikemanain sih, tesnya pake animasi gak berkualitas gitu.. Modus lagi tuh :I

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama ujiannya AVIS(AUDIO VISUAL INTEGRATED SYSTEM). tes tsb membutuhkan para pemohon SIM untuk fokus dan tau tata cara etika berlalulintas. itu hal plg mendasar dlm mengemudi. makanya kita harus menghilakan budaya"beli" SIM. karna SIM bukan di beli tp berdasar kompetensi. kalo tdk kompeten ya wajar tdk lulus, karna resiko dalam berkendara itu BUKAN HANYA KEHILANGAN NYAWA ANDA SAjA TETAPI NYAWA ORG LAIN JG!!! budaya nembak ada karna kt jg yg selalu ingin mendapat sesuatu dengan mudah. kalo nembak SIM A 400ribu sama saja anda memberi harga nyawa anda dan org lain dgn harga tsb.. semurah itukah nyawa anda ?? Oknum pasti akan ttp menjual kalo ada yg beli..

      Hapus
  4. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat. Baru saja anak saya ikut ujian untuk SIM C sesuai prosedur (karena penasaran). Caranya mudah dan cepat dan langsung dinyatakan "TIDAK LULUS". Puas, sudah lah nak, lain kali pake "Jasa" untuk membuat SIM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saja dengan bapak menyuruh anaknya untuk bunuh diri dijalan atau membunuh org lain... hehehe... sekolah aja pake ujian pak.. mau lulus ya belajar dulu, klo g lulus ya brati blm bisa.. kalo ada oknum calo ya laporkan aja k PROPAM kan ada tuh di tiap polres.. masa bapak bangga anaknya nanti naik kelas dari hasil curang.. gmn mo jd org tua yg d teladani anak...

      Hapus
    2. Kalo ujian di sekolah mah gampang./ lagian kalo disekolah kan di kasih pelajaran dulu 1 tahun./ tapi kalo ujian SIM C itu susah bener./ kalo gak pake cara mudah selamanya gak bakal dapet SIM C./ di Indo emang ada sekolah mengemudi cuma buat dapet SIM C?? kita sadari aja dan memberikan kesadaran buat orang lain, kalo cara mudah gini itu gak bener./ gak di ijinin di pake buat hal-hal di luar masalah ini./

      Hapus
  5. Jujur. Sy bikin sim C sesuai prosedur. dan hasil ujian teori menyatakan sy tidak lulus, diminta mengulang 2 mgg lagi. setelah sy diskusi tentang soal ujian yg barusan sy lalui, banyak (kunci) jawaban polisi yg tidak sesuai. usut punya usut pak polisi mengakui kalo terjadi kesalahan dalam memeriksa lembar jawaban dengan kunci jawaban yg berbeda tipe soal.
    setelah menggunakan kunci jawaban yg sesuai dengan tipe soal sy, akhirnya sy lulus.
    Habis Rp.100rb (80rb utk bank, 5rb tes kesehatan, 15rb map+fotocopy ktp).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik dikatakan bahwa kita bias diskusi dengan polisi. Apakah kunci jawabannya memang sengaja dibuat salah (saya kira banyak pemohon SIM berprasangka buruk seperti ini)? Bagaimana bisa mendiskusikan hasil tes? Bagaimanapun ini contoh yang sangat baik mengenai mengikuti prosedur yang benar. Mohon pencerahannya Pak mengenai meminta waktu petugas/pengawas ujian untuk membicarakan hasil tes. Terima kasih

      Hapus
  6. Gan, kalau say sdan di daerah luar. Misalnya sdang didomisili di jogja.
    Nah bikinya di jogja gmana?
    "terimakasih sblum.nya"

    BalasHapus
  7. Mending pake "Jasa".,cepat,tepat, dan akurat.

    BalasHapus
  8. bsk aku mau bikin SIM C di polres BPN
    mohon doain mudah2an bsk lancar ya kang
    thanks

    BalasHapus