|
BERBAGI ILMU: Mau berhenti Merokok?

Minggu, 28 Oktober 2012

Mau berhenti Merokok?

Mungkin diantara kalian ada yang berpikiran untuk berhenti merokok tapi gak bisa.Itu karena kandungan nikotin dalam rokok.Nikotin adalah zat kimia obat yang paling banyak disalahgunakan.
Zat ini biasanya dikonsumsi oleh perokok atau pengunyah tembakau, yang kemudian melepaskan nikotin dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Nikotin bekerja dengan melakukan perjalanan cepat dari paru-paru ke otak (dalam waktu sekitar tujuh detik) di mana ia merangsang pelepasan dopamin-- sebuah neurotransmiter otak yang penting yang terlibat dalam suasana hati, selera makan dan fungsi otak lainnya.

Meskipun biasanya diambil untuk menenangkan dan sifat untuk mengangkat suasana hati, nikotin memiliki efek stimulan dan efek depresan, pengaruh setiap saat ini tergantung pada keadaan di mana nikotin digunakan. Nikotin dapat membantu konsentrasi atau membuahkan efek santai pada pengguna.

Nikotin umumnya diakui menjadi salah satu yang paling adiktif dari semua obat. Pengguna dapat dengan cepat menjadi tergantung pada efek (yang paling rentan, yang diperlukan hanya beberapa batang rokok untuk kecanduan pada kebiasaan itu).

Jika seseorang tiba-tiba berhenti mengonsumsi nikotin, mereka biasanya mengalami gejala 'nagih' yang berkepanjangan seperti kecemasan dan perubahan suasana hati. Hal ini menyebabkan mereka mendambakan obat untuk mencoba untuk membalikkan perasaan-perasaan yang tidak menyenangkan. Imbasnya, kebiasaan konsumsi nikotin sulit diubah.

Fakta bahwa merokok atau mengunyah tembakau tidak ilegal dan diterima masyarakat, membuat sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok. Banyak yang berpendapat bahwa jika tembakau baru ditemukan belakangan ini, maka kemungkinan dianggap terlalu berbahaya untuk dilisensikan untuk konsumsi manusia.

Sebagai obat murni, nikotin memiliki efek merugikan terhadap sejumlah kesehatan fisik, namun tidak menaikkan tekanan darah dan mempercepat perkembangan penyakit jantung dan arteri. Tapi bahan kimia lain yang diambil dalam bersama dengan nikotin yang berperan banyak terhadap kerusakan yang terjadi. Saat tembakau dibakar ketika merokok, proses ini melepaskan ratusan konstituen lainnya yang memiliki risiko besar terhadap kesehatan.

Merokok meningkatkan risiko kanker di hampir setiap organ dan jaringan tubuh, tetapi terutama kanker paru-paru, tenggorokan dan perut. Penyakit jantung, stroke dan gangguan paru-paru yang serius, seperti penyakit paru obstruktif kronik (umumnya dikenal sebagai bronchititis kronis dan emphysema) adalah beberapa alasan mengapa perokok lebih mungkin mati muda, sepuluh tahun lebih cepat dibanding rekan-rekan mereka yang bukan perokok.

Diperkirakan bahwa merokok menyumbang lebih dari 110.000 kematian prematur di Inggris setiap tahun, demikian dilansir BBC News.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar